Dauroh Kelas 6 Ikhwan

Jumat, 16 Oktober 2021, SDI Abu Dzar bekerja sama dengan Pondok Tahfizh Plus Abu Dzar mengadakan kegiatan Tahfizh Camp. Peserta dari kegiatan ini adalah siswa ikhwan kelas 6 SDI Abu Dzar.

Kegiatan ini selain menjadi salah satu wadah Pondok Tahfizh  Abu Dzar untuk bersosialisasi, kegiatan ini juga  bertujuan untuk mengenalkan dan menyiapkan peserta didik kelas 6 untuk melanjutkan ke Pondok Pesantren, menumbuhkan rasa cinta terhadap Al Quran dan mengajak mereka lebih semangat lagi dalam menghafal Al Quran dan menjaga hafalannya.

Pukul setengah tujuh, peserta didik ikhwan sudah berdatangan menuju tempat pemberhentian bus. Pukul tujuh bus dan rombongan berangkat menuju ke Pondok Tahfizh Plus Abu Dzar. Pukul setengah sembilan rombongan sudah sampai di Pondok. Dari pihak Pondok dan para santrinya menyambut panitia dan para peserta dengan ramah dan menebar salam. Peserta diarahkan ke aula untuk menyimpan tasnya. Setelah itu peserta diarahkan ke masjid pondok untuk mengikuti arahan.

Kegiatan diawali dengan penjelasan tata tertib selama Tahfizh Camp oleh panitia  kemudian dilanjut para peserta mulai menghafal surat yang ditentukan panitia. Pukul sebelas, peserta sudah bersiap untuk melaksanakan shalat Jumat.

Pukul dua siang, peserta diajak untuk mengenal Pondok yang disampaikan oleh Kepala Pondok Tahfizh Plus Abu Dzar. Peserta begitu antusias mengikuti acara ini karena mereka ingin tahu banyak tentang Pondok Pesantren.

Setelah ashar peserta kembali melanjutkan hafalan mereka sampai pukul lima sore kemudian dilanjut bersih diri, persiapan shalat dan makan.

Setelah shalat isya, peserta mengikuti kegiatan dauroh tajwid. Peserta mendapatkan materi mengenai makharijul huruf atau tempat-tempat keluarnya huruf. Kegiatan ini bertujuan agar peserta mengetahui di mana tempat-tempat keluarnya huruf dan mempraktikkan ketika membaca al quran. Kemudian dilanjut dengan kegiatan berbagi pengalaman dari salah seorang ustadz ketika di Pondok Pesantren.

Pukul sepuluh malam, peserta melaksanakan shalat witir dilanjut untuk bersiap tidur di aula.

Pukul empat pagi, peserta bangun untuk persiapan shalat subuh. Setelah mereka shalat subuh peserta melanjutkan hafalan dan menyetorkan ke penguji masing-masing. Peserta yang memperoleh hafalan terbanyak akan mendapatkan sertifikat dan hadiah.

Kegiatan terakhir adalah pengenalan IT yang merupakan program unggulan di Pondok Tahfizh Abu Plus Abu Dzar. Peserta dikenalkan tentang bagaimana membuat program atau aplikasi. Mereka antusias dan sangat senang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah kepada lima peserta terbaik, diantaranya:

  1. Muhammad Faiz Mujahid Sadid – Kategori hafalan terbanyak
  2. Abdul Halim – Kategori hafalan terbanyak
  3. Musa Abdurrazaq – Kategori hafalan terbanyak dan Kategori leadership
  4. Rafif Abdullah Arrasky – Kategori akhlaq terbaik
  5. Arrayan Fidzikrillah – Kategori terdisiplin

Setelah pemberian hadiah peserta kembali ke aula untuk merapikan tasnya. Peserta diarahkan ke tempat parkir bus. Peserta akan dijemput kembali oleh orang tua di tempat yang sama saat pemberangkatan.

Alhamdulillah, kegiatan Tahfizh Camp berlangsung lancar dan tertib. Ketika peserta ditanya bagiamana perasaan mereka, mereka menjawab sangat senang mengikuti kegiatan ini dan mereka ingin ada kegiatan tahfizh camp lagi. Semoga Allah Azza wa Jalla selalu merahmati kita semua dalam setiap kegiatan. Dan menjaga anak-anak kita selalu istiqomah sebagai penghafal Al Quran. Aamiin.

Apakah Anda Memiliki Pertanyaan? Hubungi Atau Kunjungi kami.
0813-1881-7538

Jl. Sumatera Gg. H. Bakri, Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan 15414.

sd@abudzar.sch.id

Newsletter

Get latest news & update